Hellboy Pointer Keindahan yang Menakjubkan "Air Terjun Parangloe" | Simphony Rimbaku
RSS

Keindahan yang Menakjubkan "Air Terjun Parangloe"

Air Terjun Parangloe atau sering disebut air terjun Bantimurung 2 terletak di kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Konon kabarnya tempat ini dulunya adalah sebuah kampung namun karena adanya bencana longsor akhirnya berubah menjadi air terjun yang dikelilingi dengan bebatuan besar. Untuk sampai ke tempat ini butuh waktu kurang lebih 2 jam dari kota Makassar.

Sudah lama dengar tentang air terjun ini, sering lihat juga beberapa foto yang di upload oleh teman di social media, bahkan cerita mistisnyapun sudah tak asing buatku tapi tidak dengan keindahannya, pada beberapa foto yang saya lihat air terjun ini tampak indah, apakah akan sama jika kita lihat langsung ?. Beberapa kali berencana kesana tapi terkendala karena tak ada kawan dan juga belum tahu jalur menuju air terjunnya, kalau jaman sekarang tinggal browsing lalu cari sendiri lewat google map, hal itupun akan kucoba namun jika seorang diri rasanya ngeri juga, cari teman harus yang adventure karena dari artikel yang saya baca jalan kesana cukup ekstrim dan masih sarat dengan hal mistis. Pada awal tahun 2018 saya mencoba ke tempat ini bersama sahabat-sahabat alam yakni : Molyanti dan Santi, kami habis mendaki gunung latimojong kala itu, lanjut wisata bertiga dengan mengendarai motor melewati jalan poros malino dan  sampai di Inhutani (jalan masuk menuju air terjun), kami masuk mencari jalan dengan mengandalkan google map tapi tiket mbak Santi siang dan kami khawatir, takut beliau ketinggalan pesawat kamipun keluar kembali dan perjalanan gagal, rasa penasaran untuk kesana slalu ada namun belum ada kesempatan.

Setelah lebaran sepupu-sepupu libur, darisini kami bahas air terjun parangloe dan berencana kesana besok setelah sholat jumat, bersamaan dengan itu Sam juga sudah balik dari kampung, jadi ingat  janjiku untuk mengajak dia kesana, lalu kuinformasikan mengenai rencana kami besok lewat wa, wuaah kebetulan saya sudah akan pulang dan sampai makassar besok pagi kak, baiklah kalau begitu tapi ini baru rencana yaa belum pasti soalnya harus nunggu cowok (teman sepupuku) aku ga berani kalau kita-kita saja yang kesana, harus ada yang backup mengingat kita berlima cewek semua loh, siaap kak.. aku tunggu info selanjutnya kata sam. Hari berganti pagi rasa lelah masih terasa dengan perjalanan pulang pergi Makassar-Malino kemarin, habis sholat subuh saya menarik selimut kembali dan terbangun saat cahaya matahari masuk lewat jendela dan menyilaukan mata, perlahan kubuka mata yang rasanya masih seperti terlem lalu tanganku meraih hp yang tak jauh dari bantal dan melirik pada jamnya, wouww sudah pukul 09.00, mataku langsung membelalak dan berusaha untuk bangun lalu bergegas ke kamar mandi, setelah mandi kumainkan kembali hpnya, buka wa, ada chat dari Sam kalau hari ini dia langsung kerja, yaa tak apalah sam toch perginya juga belum pasti, tapi kalau Rio ( teman sepupuku ) datang kami langsung cuuss, rupanya sam ga mau ketinggalan, tidak kak saya ke rumahmu sekarang, waktu sudah menunjukkan pukul 11.00 saat itu, dia segera otw katanya, baiklah info saja nanti kalau kamu sudah sampai jawabku, siiaapp kak.. sekalian silaturahmi (suasana lebaran) ini aku ada bawa tape dari kampung buat kakak katanya, ok thanks yaa jangan lupa berkabar kalau sudah sampai nanti aku jemput di mesjid raya. siiaapp katanya.

Jam 11.30 lampu dihpku kedap-kedip menandakan adanya pesan wa yang masuk, segera kubuka, sudah kuduga "wa dari sam" katanya dia sudah sampai, saya langsung jemput dia di mesjid raya, setelah tiba disana saya tunjukkan rute / jalan ke rumah, biar lain waktu dia sudah tahu jalan ke rumah. Sampai di rumah kami santai sejenak sam mencicipi kue lebaran buatan adikku sedang aku mencicipi tape yang dibawanya. Setelah itu kami makan siang sambil nunggu kabar dari sepupu-sepupu, rupanya mereka juga nunggu kabar dariku dan sudah siap daritadi, saya minta waktu sebentar untuk sholat dhuhur lalu siap-siap berangkat tapi setelah semua siap salah satu sepupuku kedatangan tamu hingga kami baru berangkat dari rumah (Makassar) pada pukul 15.48 dan tiba di Inhutani pukul 16.22 kami masuk pada jalan samping inhutani melewati jalan bebatuan dan berpasir merah karena matahari bersinar terik jalannya tidak becek, sedikit menanjak lalu kami temukan percabangan disini, jalan terhenti cukup lama disini bingung hendak lurus atau belok, mau bertanya sedang tak ada satu orangpun, saya lalu turun dari motor untuk cek kedua jalur yang rupanya pada jalur lurus tembus jalan raya, ketika balik nampak si Rio yang muncul dibalik jalan, kak kita belok kanan, iyaa kataku karena jalur sini tembus jalan raya sambil jalan kearahnya.

yang lagi menunggu pada percabangan jalan

Eksis daripada bete, xixixii

Setelah tiba pada percabangan dimana motor kami terparkir, kami segera naik di motor masing-masing lalu lanjut perjalanan melewati jalan bebatuan yang kadang nanjak dan juga kadang menurun, asli hancur jalanannya, posisi motor rio didepan (boncengan sama winda) lalu dibelakangnya ada motor wiwi yang boncengan sama erlin, paling belakang motorku boncengan sama sam, pada jalanan hancur boncengan semua turun dari motor dan pengendara motor harus berjuang sampai dapat jalan yang bagus baru kami berhenti menunggu boncengan masing-masing, posisi berubah motorku jadi didepan pada jalan rusak berikutnya melewati bebatuan besar yang tajam dan sebagian jalan tanah yang berkerikil sampai didepan kudapati satu motor lagi yang ditumpangi dua orang cewek berhijab besar, mereka juga sedang berjuang melewati jalan rusak, pada posisi ini semua boncengan turun lagi dan berjalan kaki karena motor cewek berhijab tadi masih sulit melewati jalan, saya melewati mereka tak jauh darisana  sudah tampak plang penanda air terjun, terus berjuang melewati jalan berbatu dan sampai duluan di tempat parkiran motor, disini ada beberapa motor yang sedang terparkir, ada bangunan gazebo juga buat tempat istirahat, nach ada 2 orang pria yang sedang bercerita disana diantaranya seorang bapak-bapak, syukurlah saya tidak sendiri karena kawan yang dibelakang belum ada yang nampak. Sayapun bertanya pada bapak-bapak yang sedang duduk pada gazebo tersebut, "pak jalan ke air terjun mana?" bapak itu menunjuk arah kiri dari tempatku parkir motor, jauh ga pak ? yaa lumayan kata bapak itu, habis itu jaket dan helm kulepas, sambil nunggu yang dibelakang tapi yang duluan sampai cewek 2 orang yang boncengan tadi, yang mengendarai motor bertanya padaku, sampaimaki ini ? saya jawab iya sampai di tempat parkiran, dia langsung berucap Alhamdulillah. lalu sam dan erlin datang disusul oleh wiwi, winda dan rio, mereka lalu beristirahat sejenak sebelum kami lanjut berjalan kaki menuju air terjun.

Pukul 16.50 kami lanjut berjalan kaki menuju air terjun beberapa meter kedepan masih datar-datar saja lalu mulai menurun melewati jalan lebar depan ada pohon tumbang yang harus kami langkahi lalu menurun lagi naach disini kami berpapasan dengan sekelompok orang yang hendak naik diantaranya seorang cewek yang ditarik oleh cowoknya kondisinya basah dan nafasnya belum beraturan saya cuma senyum pada mereka tanpa menghentikan langkahku menuju ke bawah, lalu beberapa meter berjalan ada pohon tumbang lagi kali ini lebih besar hingga kami lewat samping, lebih aman disini ketemu lagi satu cewek yang postur tubuhnya agak gendut, pakaiannya juga basah, nampak kalau beliau habis mandi, cewek ini singgah beristirahat mengatur nafas, sayapun melempar senyum  dan basa basi bertanya pada cewek ini, mbak air terjunnya masih jauh yaa ? Ooo iyaa masih jauuh kebawah katanya, sepupu-sepupu dibelakang ikut mendengar tapi mereka tetap semangat, saya melirik kebawah darisini jalur turun sudah berupa tangga lalu tanah dengan pijakan akar pohon karena sekitar tempat ini banyak pohon-pohon tinggi, penurunannya memang cukup curam dan kami beruntung karena sedang tidak hujan, kalau hujan pastilah jalurnya jadi licin dan jadi ekstrim seperti pada beberapa artikel yang kubaca tentang air terjun ini hingga membuatku mencari teman yang tepat untuk kesini tapi Alhamdulillah perjalanan aman hingga kami sampai di air terjun.

Jalan Penurunan menuju air terjun
Ketika melihat air terjun didepan lelah langsung hilang berganti dengan semangat dan bukan cuma saya saja yang merasa demikian kulihat merekapun langsung senyum dan semangat berjalan menuju air terjun, Alhamdulillah sampai juga kita kata si wiwi. wouwww kereen skali air terjunnya kak, yaaa indah dan menakjubkan kataku. Nampak air terjun yang mengalir dari ketinggian kurang lebih 15 meter pada batu bersusun yang tertata dengan indah, Masya Allah.. tempat ini benar-benar membuatku takjub ditambah lagi suasana alamnya yang masih alami dan udara segar yang membuat kami benar-benar merasa nyaman, meski cuma ada kami dan kedua cewek tadi, tapi kami tak bisa berlama-lama karena waktu sudah menunjukkan pukul 17.00 dan saya memperingatkan 15 menit saja yaa kita takut dapat gelap pada jalan keluar nanti karena harus berjuang lagi melewati jalan rusak, entah siapa yang jawab masih mau istirahat dulu katanya yaa 25 menitlah, ok kataku yang penting kita tak dapat gelap pada jalan keluar nanti.

Senyum ceria setelah perjalanan panjang

Keindahan yang menakjubkan "Air Terjun Parangloe"

Air tejun yang mengalir diantara batu yang tersusun indah

30 menit berlalu kamipun segera bergegas meninggalkan air terjun, kembali melewati jalur tadi yang saat datang menurun kali ini harus mendaki, tanjakan yang cukup lumayan buat pemula saya meninggalkan mereka dan menunggu didepan pada tempat parkiran motor segera bersiap-siap, pas mereka datang kami langsung jalan. Alhamdulillah semua aman hingga kami tiba di rumah (Makassar). Tuntas sudah perjalanan perjalanan ke "Air Terjun Parangloe" yang sudah lama kuidamkan, tak sangka kalau air terjun ini lebih indah dari yang kubayangkan. Terimakasih buat tim yang selalu kompak.