Hellboy Pointer Gunung Bulusaraung | Simphony Rimbaku
RSS

Gunung Bulusaraung

Gunung Bulu'saraung merupakan salah satu gunung wisata di Makassar yg letaknya di kabupaten Maros dan kabupaten Pangkep, gunung ini memiliki 4 zona yakni zona inti, zona rimba, zona pmnfaatan intensif dan zona penyangga yg dbangun brdasarkn prtimbangan potensi kawasan masing2 zona. Gunung ini di kelola langsung oleh pemerintah, ketinggianx 1353 Mdpl dan memiliki 10 pos dengan jarak tmpuh yg tdk terlalu jauh dari masing2 pos bhkan tuk mnju puncak cuma butuh wktu 2-3 jam dari desa terakhir (desa tmpobulu'). Ada beberapa jalur yg bisa di tempuh tuk mnuju gunung ini, diantaranya lewat leang2, camba , tompobulu',dan lainx.

1. Pendakian prtamaq ke gunung ini yakni bulan mei 2002 brgkat brsama k'jesy, k' lenny, polo, ophus dan elis. Kami start skitar pukul 12 siang dari makassar kmudian tiba di balocci skitar pukul 14.40, stiba disana kami istrht dikit smbil benahi brg2 kami, wktu itu angkot cuma bisa smpai balocci dan jalan mnuju tompo'bulu msh pengerasan jd kami lnjut brjalan menuju tompobulu tpt pd pukul 15.00 woww matahari lagi terik2x (panaassss..) tp kami ttp smngat brjalan, sekali kali kami singgah d rmh pnduduk yg kbetulan kenal dgn k' lenny krna k' lenny prnah kkn dsana smbil istrhat n brcerita. Kami lanjut lagi prjalann smpai k desa trkhir dan tiba dsana da mnjelang magrib, kami nginap drmh p' kpla desa kmudian keesokan harinya baru mlanjtkn prjalan skitar puku l 08.45  tiba d puncak pukul 11.00 matahari gi brsinar dgn teriknya sjnak kami istrht kmdian foto2, ngemil dan ngeteh kami brthan d puncak slma sejam lebih karena sangat panas akhirx pd pukul 12.30 kami lanjut prjlnn  turun dari puncak lwat jalur yg ke camba (maros) kbetulan dsana ada kluarga ophus jd kami bisa brsih2 dan nginap dsana.
  2. Pendakian ke 2 aku ksana bareng elis dan Mol pd bln mar'09 sperti prjalnn2 sbelmx klw kami jnjian slalu ngaret, saat itu kami brgkt hari sbtu sore, sblmx kami jnjian siang nmun msing2 mmliki alasan kterlmbatan. kmi jnjian ktemuan di carrefour tmlnrea, blnja logistik dsna trus lnjut prjalann skitr pukul 16.10 dlm prjlnn kami smpat khujann hingga si mol harus beli ponco baru krna takut raincoatx tmbus trkadang kami singgah tuk brteduh kmudian lnjut lagi ktika hujan sdikit reda, saat itu mol dan elis yg bawa motor aq sndiri dbonceng ma mol, seperti thn sbelumx ketika kami mndaki k gunung bawakaraeng  brtiga dprjalannpn kami cuma brtiga tp pas d gunung kami brtemu dgn bbrapa pndaki lainx. kali ini pndakian brtiga kami agak beda karna kami sdh lama ga ksana, yaa skitar 7 thnan sdh byk perubhn bhkan motor sdh bisa smpai d kaki gunung. Pada prjalan mnuju balocci kami smpat nyasar pada prcbangan jln kami ambil kiri yg harusx dsbelah kanan  pdhal sdh mlm, kami tiba d suatu prkampungan yg sangat sepi dan itu sdh mrupakn ujung jln, wahh kmana aku harus brtanya "???" sdngkn pintu rmh pnduduk sdh pada tutup pdahal baru jam 7.20 mlm, tp aq trus brusaha dan akhirnya datanglah seorg bpk2 mndekat k arah kami dan akupn maju mndekati bpk itu dan brtanya tp alangkah kagetx ktika aq lihat bpk trsbt. mnggnggm sbuah golok (parang) langkahku trhnti dan kmudian sdikit mndur, mol dan elis yg ktika itu posisi d atas motor jg ikut kaget mlhat expresiku tp alhmdulilah bpk itu pnduduk yg baik dia bawa golok cuma untuk brjaga jaga, kali2 aja kami org jht,hehe.... dan akhirx mreka mnunjkkn jln pd kami. Melnjutkn prjalann dan kmdian tba d kaki gunung skitar pukul 21.00, dsana kami brtemu dgn sklmpok mahasswa dari poltek  tdx smpat jnjian ma mereka tuk mncak bareng tp kondisi g mmungknkn, kami nginap d rmh pnduduk dan keesokn harix mncak skitar pukul 7.00 pagi coz kami sarapan n masak2 dulu. kamipn memulai pndakiann, pos demi pos kami lalui, cuma kami, cuma kami brtiga.. trkadang kami singgah sejenak tuk istrhat dan foto2, dan akhirx kami tiba skitar pukul 9.00 d pos 9, dsana kami brtemu dgn pndaki lain yg ngecamp d pos tsbt. kami istrhat sjnak smbil cerita dan foto bareng dgn mereka. kmdian kami lanjut k puncak , d pncak  kami rest dbawah batu besar smbil mnikmati cmilan dan mnuman yg kami bawa kmudian ambil gmbar dan segera brgegas turun krna kpanasann.., kami tiba d tompobulu skitar pukul 12.30 kami segera sholat, kmdian istrhat sbntar trus lanjut packing kmudian brgkat k mks, pd prjalann pulang aq dan elis gantian bawa motor.