Hellboy Pointer Puncak Impianku (Gunung Rinjani) | Simphony Rimbaku
RSS

Puncak Impianku (Gunung Rinjani)

Rinjani merupakan salah satu gunung tercantik di Indonesia dan menjadi impian setiap pendaki untuk bisa menggapai puncaknya. Gunung ini sering disebut surga bagi para pendaki karena pemandangannya yang begitu indah, dari sudut manapun. Gunung ini berlokasi di pulau lombok, Nusa Tenggara Barat, merupakan gunung berapi tertinggi ke-2 di Indonesia dengan ketinggian 3726 Mdpl.

Sudah hampir 9 tahun saya memimpikan untuk bisa mendaki di gunung ini namun karena berbagai halangan akhirnya keinginan itu terpending, hingga pertengahan tahun 2010 kesempatan itu baru benar-benar datang yakni ketika saya bertemu dengan beberapa orang teman yang juga punya impian yang sama sepertiku dan kebetulan juga waktu itu bertepatan dengan pemberlakuan cuti di tempat kerjaku. Entah kenapa kali ini saya benar-benar yakin padahal surat cuti belum saya ajukan, awal juni kami sudah cek tiket dan mulai me-manaj waktu dan persiapan perjalanan kami. per-1 juni saya sudah mulai jogging dengan harapan kondisi fisik saya pada saat pendakian benar-benar fit karena ini perjalanan pertama saya keluar sulawesi semenjak kerja dan kebetulan saya orang yang paling tidak enak bila merepotkan. Jadwal kapal kami yakni pemberangkatan tanggal 22 juni 2010, untuk itu tepat pada tanggal 17 juni latihan fisik yang tadinya rutin saya hentikan, merasa sudah cukup dan  saatnya mempersiapkan perlengkapan pendakian serta menyelesaikan pekerjaan sampai 6 hari kedepan demi kenyamanan selama perjalanan biar tidak diliputi rasa khawatir dengan pekerjaan. Akhirnya hari yang dinantikan tiba tepatnya pukul 10.00 wita ditanggal 23 juni saya ke ruangan hrd mengambil surat cuti yang baru kemaren di acc oleh bos-ku, kemudian sekaligus minta ijin untuk pulang cepat karena jadwal kapal kami pukul 13.00 Wita, begitu mendapat ijin saya segera pamitan dengan teman-teman dan utamanya dengan bos saya dan Alhamdulilah mereka semua mendoakan biar perjalanan saya sukses dan cepat kembali ke kantor lagi.

23 juni 2011 (Berangkat Menuju Mataram )

Dari kantor saya langsung ke rumah mempersiapkan barang-barang yang sudah saya packing pada malam harinya, setelah semuanya siap saya pamit pada ayah dan keluarga yang lain, Alhamdulilah mereka juga mendoakan perjalananku. Dengan hati yang riang saya berangkat ke basecamp Makassar Resque karena perjalananku kali ini bareng mereka yakni : Afla , Naken, Indank, Ijha, dan Mol. Setelah semuanya lengkap kami segera berangkat ke pelabuhan dengan rute makassar - mataram dengan waktu tempuh 2 hari perjalanan. Sesampai di pelabuhan kami masih nongkrong di depan karena tim belum lengkap, mol belum datang. Setelah Mol datang kami segera masuk ke kapal dan disana kami juga bertemu dengan 2 orang pendaki asal makassar juga dengan tujuan yang sama yakni hendak mendaki di Gunung Rinjani.

Saya dan teman-teman berjalan memasuki kapal sambil mencari tempat yang kosong, tapi ternyata semuanya full hingga kami berinisiatif ke lantai paling atas yang dekat dengan cafe dan tempatnya sedikit terbuka. Ketika mendapat tempat, teman-teman sibuk mengatur barang-barang bawaan kami tapi tiba-tiba hujan mengguyur, para penumpang segera berlarian mencari tempat berteduh, saking derasnya hujan saat itu kapal serasa banjir, tempat yang hendak kami tempati basah. akhirnya mengungsi kesana kemari. Pada malam hari hujan mulai reda dan teman-temanku yang kreatif ternyata sudah mendapat tempat buat kami, meski cuma di lorong kapal tapi lumayan karena tempatnya terlindung, barang-barangpun segera dipindahkan dan kami segera mengambil posisi untuk beristirahat.

24 Juni 2011 ( Suka duka di kapal )

keesokan harinya suasana sudah lebih mending, setelah sarapan pagi semua sibuk dengan urusan masing, tempat kami tiba-tiba rame karena orang berlalulalang disini. Siang itu tiba-tiba Mol bersedih ternyata sendal kesayangannya, sudah dicari kesana kemari tapi ga ketemu, yaaaaach...

Kami menjadi lebih akrab selama di kapal suka dan duka kami jalani bersama, bahkan beberapa orang teman sempat tidak enak badan, ada yang sakit maag, ada yang mabuk kapal, sakit kepala, masuk angin dan sebagainya tapi kami tetap semangat dan tetap kompak. Pada malam hari teman-teman bermain domino, sambil cerita lucu  hingga suasana menjadi rame dengan tawa kami.

suasana malam di kapal

25 juni 2011 (Selamat Datang di Mataram )

packing-packing.. sebntar lagi akan tiba di tempat tujuan tapi nampaknya semua kurang fit dan masih mengantuk, maklum efek begadang semalam.

Ngantuk-kan, makanya jangan begadang

Tanpa terasa kami sudah 2 malam di kapal dan sebentar lagi kapal akan bersandar. Horeee akhirnya tiba juga. Selamat pagi Mataram..
kenang-kenangan sebelum turun dari kapal

Kami tiba di pelabuhan Mataram pukul  11.15, segera turun dan melanjutkan perjalanan menuju tempat dimana kami janjian dengan yadik (seorang teman dari Mapala FKIP Unram)  kebetulan tempatnya dekat dengan pasar, saya dan mol singgah belanja logistik dulu sebelum lanjut baik ke angkot menuju sekretariat mapala FKIP Unram.

Melanjutkn prjalanan sekitar pukul 15.20 dari trminal menuju kmpus Unram dengan waktu tmpuh kurang lebih 30 menit tapi salah satu teman diam-diam minum antimo karena dipikir perjalanan masih jauh, malu bertanya sesat di jalan, hahaa..

Kami tiba di kampus Unram sekitar pukul 15.45 dan disambut ramah oleh teman-teman dari Mapala FKIP Unram. Setiba disana kami ngumpul di taman depan sekretariat mereka sambil ngobrol walau agak kaku karena belum saling kenal tapi Alhamdulilah  akhirnya jadi sedikit akrab.

Kami brgegas bongkar barang blnjaan kami dpasar tadi kmudian dibantu oleh tmn mapala fkip yg brnama kinca tuk masak setelah itu aku dan mol mandi dan beres2 kmudian gabung lagi ma anak2 tuk mkn malam.
Setelah makan malam kami brpencar, aku, afla dan began saat itu berada di sekretariat mapala fkip mmbahas jalur yg akan kami lalui besok serta prsiapan2 pmberngkatan besok. Sedangkn yg lain posisi masih diteras jg brcerita mngenai gunung rinjani ditemani oleh tuan rmh ykni nak mapala fkip .

26 juni 2010 ( Go to Rinjani )

Pagi yg cerah d kampus unram.. kami segera mandi, sarapan kemudian packing, tadi malam sudah fix bahwa kami d antar oleh 2 org tmn dari Mapala FKIP unram yakni si began dan keceng sedang kami dari makassar 7 org yakni k’ dade’, Indank, Afla, Molyanti, Naken, Ijha dan sy sendiri. Sekiitar pukul 11.00 kami brngkat , diprjalann kami beberapa kali singgah blnja, mkn dan mmbeli kekurangan dari prsiapan kami.
Sekitar pukul 14.250 tiba pos balai taman nasional gunung Rinjani dsana kami melapor skligus mmbeli karcis sharga 2500 rupiah / org, Habis itu kami lanjut prjalann dan tiba di sebuah desa , singgah bntar luruskan badan, hoaughhh... biz itu aku dan mol brgegas k rmh pnduduk tuk sholat kmudian kami siap2 tuk pndakian, diluar dugaan aku pikir kami camp dulu semalam dkaki gunung tapi trnyata langsung lanjut mnuju pos 2 smbalun, muantappp leaderr....

padang savana sembalun

Pndakian mlewati jalur alternatif sembalun, tak kubayangkan klw kami lewat siang disini, jalur yg terasa bgitu panjang , trbuka ,dan melewati padang savana yg mskipun sdikit datar  tp cukup melelahkn.
Kami trus brjalan walau sempat dapat hujan di jalan tapi kami tetap semngat dan akhirx skitar pukul 16.30 kami tiba di pos 1 sembalun, mskipun hujan tp terasa hauss, gmna klw panas yachhh....., rest dikit sambil brteduh...

Lanjut prjalanan mnuju pos 2 sembalun.., Masih melewati padang savana yg jauh lebih panjang dari prjlnn mnuju pos 1 jalurx masih trbilang landai .. kami tiba sebelum magrib skitar pukul 17.30 d pos 2  di pos ini trdapat bangunan yg mirip gazebo,dan juga ada sumber air. kami mmutuskan tuk camp dsana tnpa repot mmbongkar tenda tapi mmsang flysheet dan ponco di skitar t4 trsbt agar trlindung dari angin, namun si keceng dan began tetap pasang tenda krna t4x hanya memuat kami ber7. malam itu kami lakukan aktivitas sprti biasa ada yg ambil air, ada yg masak, ada yg tata ruang dsbx,

pos II sembalun

27 juni 2010.. (Camping Ground mnanti kami brsama bule2 dan porterx)

Pagi yang cerah di  pos 2 setelah masak, sarapan dan cuci piring kami packing2 lagi , tadix kami rncana lanjut prjlnn pukul 8 pagi tp molor mnjadi  pukul 10.30 , haha... tuk began dan keceng "jgn heran yach itu sdh jd tradisi kami ngaret " . lanjut mnuju pos 3 atau padabalang dan tiba pukul 11.15 dsana kami brtemu dgn bberapa org bule' yg telah mlakukan pndakian dgn melwati jalur senaru, istrhat sjenak dan brfoto2 smbil nunggu tmn2 yg lain karena kbetulan aq brjlan pada posisi paling depan saat itu.

Pos III jalur Sembalun

Setelah semuanya ngumpul kami lnjut lagi prjalanan menuju pelawangan sembalun (2.902 Mdpl ) tepatnya di camping ground, sepanjang prjalann kami ttp melewati beberapa pohon cemara, edelweis dan jg ilalang2, dari padabalang mnuju pelawangan sembalun mmkn waktu 2-3 jam dan melewati jalur pndakian sesengguhnya, klw tdx pos 1 & 2 agak landai, kali ini kami melewati jalur yg dberi nama bukit penyesalan jika kita lebih santai pada jalur ini kita bisa mnikmati paduan padang savana dgn kumpulan hutan cemara dan edelweis.
Setelah 2 jam kami brjalan waktu sdh mnunjukkan pukul 14.00 kmi mmutuskan tuk singgah sejenak pada satu tmpt yg sdikit datar, istrhat smbil bakar roti dan masak air panas, lumayan tuk ngganjal perrut...

Lanjut perjalanan menuju pelawangan sembalun (2.902 Mdpl ) dgn jalur yg ngtrack. saat itu posisiku paling depan dan d jalan brtemu dgn 10 org bule' cewe' yg hbs muncak mereka singgah dan mnyapaku , " wow kerenn katanya smbil mnggkt jmpolnya, hehe,.. jd narsis dech.. mereka nanya apa km akan ke puncak?? dan aku jwb iya, wowww top bnget katax "good luck " smbil senyam senyum  lalu satu prsatu mereka mnghmpiriku salamn dan pamit tuk lanjut prjlnn, mereka mmberikan support dan saya smakin trmotivasi tuk segera meraih puncak. akhirnya tiba di pelawangan dsana aku nunggu tmn2 yg lain ktika sebagian telah datang kami mmutuskan nunggu mereka di camping ground agar bisa lebih nyantai, dsana kami rest smbil foto2 dan saat yg lain dah datang kami pun segera braktivitas sperti biasa (pasang tenda, ambil air trus masak2).

Camping Ground

Camping Ground mnjelang senja

Setelah yg lain datang kami memulai aktivitas sprti biasa bongkar barang, pasang tenda, ambil air dan masak2,.. tepat pukul 17.00 aq dan mol brgegas ke sumber air tuk brsih2 dan wudhu walau agak jauh tp subhanallah tempatnya sangat indah smber airx sprti pncuran dan airx sangat jernih dan brsih alhmdulilah, tp aku dikit sedih pada saat itu ga jadi wudhu krna datang bulan, dan ini bisa mmpengaruhi stamina saat muncak besok..,hikzzz... Setelah magrib mulailah aktivitas masak memasak tp serux karna walaupun kami mmpunyai banyak kompor tetap aja makanx lama coz masak dselingi dgn debat dapur, hehe... yg brdebat mol dan k' dade' , ijha dan indank jd team hore dlm debat tsb. akhirx kami makan da jam 10 mlm dan istrhat pukul 11 mlm pdhal jam 2 dinihari kami harus bangun tuk muncak, cukup ga yach jam istrhatx?????? Kami masuk di tenda masing2 pukul 11 an lumayanlah istrahat slma 3 jam, tapi saat itu aku ga bisa tertidur badan terasa pegal dan ujung kaki terasa sprti dgigit2 balik kiri balik kanan pokokx ga bisa trlelap.

28 Juni 2010 (Summit Attack)

Akhirx trdengar suara tmn2 sekitar pukul 01.40 dgn sdikit malas2an aqpun bangun dan siap2 muncak, bener2 dech... saat itu kecenk yang ngantar kami sedangkn began ttp standby d camp tuk jaga tenda dan brg2. Kami pun mulai melangkah start awal aq brjln paling depan brsama kecenk namun kami smpat salah jalur akhirx mutar dan posisikupn jd belakang sdikit down tp ttp semngat melangkahkn kaki ini demi tujuan kami ykni mnggapai puncak rinjani semngatt dan semngatt tp rasa letih mulai mnghmpiriku ktika tmn2 da d depan smua untung msh ada naken  yg posisix di depanku  dia sdg istrht sambil mnungguku eitzz ada ijha' juga dibelakangku ssekali aq mnengok k belakang dan mnyuruh ijha tuk brjln di depan  saja karna  kasihan klw dia harus antri dblakangku tp trnyata kondisi kami jg sama2 cape' dan akhirx naken, sy dan ijha istrhat sejenak sambil lihat pmndangan dan ditemani oleh cahaya bulan.., kami lanjut lagi prjlnn dan trnyata tmn2 da nunggu kami di balik batu  ,dsana kami istrhat sjenak lalu lnjut lagi ke tempat dmna mol , k' dade' dan keceng nunggu kami, woww kami tiba paling belakang sdang mol da nunggu dari td wajar aja klw dia ngomel tp  ga tahu apa dia ngerti kondisi aq yg sdng datang bulan,  dan ga tidur, it's okey i'm fine... ga lama istrht kami langsung lanjut jln dan alangkah kagetx pas kami jln tiba2 kami dsambut angin kencang dan badaii puncak saat itu posisi kami sdh berada d ketinggian skitar 3500 mdpl dan dlm status point of no return. Brjalan sambil istigfar dan menyebut namaNya mnyaksikan kuasa dan kebesaranNya, la hawla wala quwata illah billah dan yakin bahwa kami pasti sampai puncak. aku jln brsama naken dia jg trus mmberi support hingga akhirx kami tiba d tempat dmna mol, k' dade, afla dan jg kecenk da mnunggu. Stiba dsana sy mncari posisi yg bgus dan terlindung dari angin tp kmudian dkagetkan dgn suara mol yg tiba2 nangis, apa yg trjadi yach?? nampakx mol kedinginan krna da trlalu lama rest tp kulihat sdh ada afla dan k' dade dsmpingx  tuk mmbuatx hangat k' dade segera mngeluarkn tranggia dan buat minuman hangat sklian jg buat kami2 yg jg sdh kdinginan , ga heranlah karena posisi kami d ktinggian 3700 mdpl (wajarrr)...

Setelah agak terang skitar pukul 6.30 kami brgegas ke puncak, Alhmdulilah ya Allah dgn penuh prjuangan akhirx sampai juga kami di puncak, segera kami brlari2 ke puncak rasa senang dan haru telah brcampur  dan tnpa trasa mata ini da brkaca kaca uppzz... jgn buang wktu mari qta foto2,hehe... setelah foto bareng kami br-salam2an skligus saling mnta maaf atas sgala keegoisan kami, stingi2x gunung Rinjani msh lebih tinggi ego kami , hahaaii..

Summit 3726 Mdpl
puncak rinjani, sayang pemndanganx trtutup oleh kabut,..

Ekspresi senang dan gmbira tiba di puncak Rinjani

foto bareng di puncak, semua harus senyummm....

Usai foto bareng kami sgera brgegas mninggalkn puncak sebelum asap beracun alias belerang dtg mnyapa,ngaburrr...
Selama perjalan turun ternyata salah satu sepatuku solx lepas, hikzzz... untung kaos kakiq doubel jd walaupn brjln tnpa sptu ttp asyikk, smpat rest d jln smbil jpret wlau cuma mnggunakan hp...

Kami tiba di cmping ground skitar pukul 10 pagi dsambut oleh began, k' dade n afla yg sdh tiba duluan, rest dikit lalu masak tp maaf mol  ga bisa bantu sy ngantuk banget mklum smlm ga tidur , please... :D

Packing2... setelah makan kami packing kmudian mlnjutkan prjalann mnuju danau segara, go go.....

siap2 mningglkn cmping ground

Perjalanan menuju danau trnyata cukup pnjang, kali ini jalurx penurunan terus bnyak bebatuan dan jg  trdpt jalur yg sdkit curam, harus extra hati2 nich karena spatuq da rusak maka aku memakai sendal + kaos kaki kayakx lebih aman buat jalur ini dan alhmdulilah kondisiku fit saat melewati jalur ini, krna posisi saya, naken n k' dade paling depan kami mmutuskan tuk rest smbil nunggu teman yg lain d jmbatan ini :

foto bareng di jmbatan t4 kami rest
Melnjutkan perjalanan mnuju danau sampai mndekati danau baru dech jalurx agak landai. mnjelang sore smpailah kami di danau, sebagian tman mngmbil air, sbagian pasang tenda kmudian stelah itu ada yg mancing, ada yg brgaul dan ada yg foto2, asyikk... masakx nnti mlm aja,hehe..

siap2 mningglkn danau, menuju senaru

29 Juni 2010 (go back, melewati jalur senaru )

Pagi yang cerah di danau sagar anak,