Hellboy Pointer Kartini Cantik "Bulu Sorongan" | Simphony Rimbaku
RSS

Kartini Cantik "Bulu Sorongan"

Tanggal 21 April merupakan moment bersejarah buat perempuan-perempuan Indonesia,. Beberapa perempuan atau komunitas biasanya memperingati hari yang merupakan kebangkitan emansipasi wanita yang diprakarsai langsung oleh RA Kartini, dengan mengadakan kegiatan-kegiatan yang memberi makna ungkapan syukur atas nikmat yang telah diberikan kepada bangsa ini. Begitupun dengan kami yang tergabung dalam satu komunitas yakni Komunitas Perempuan Petualang Indonesia.

Jelang hari kartini kami disibukkan dengan persiapan pendakian bersama yang dibuat khusus untuk wanita-wanita petualang, konsepnya adalah "Jambore Perempuan Petualang Indonesia", untuk meramaikan acara kamipun membuat iklan lalu disebar ke beberapa akun media sosial seperti facebook dan twitter, namun sebelum beriklan dan menentukan lokasi tentunya kami telah survey terlebih dahulu.

Bulu Sorongan yang merupakan lokasi kegiatan kami berada di Desa Parenreng Kecamatan Segeri, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. Memiliki ketinggian 731 Mdpl dengan jalur yang lumayan dan menurutku cocok buat pemula, untuk ke tempat ini butuh waktu kurang lebih 2 jam (motoran) dari kota Makassar (kalau tidak macet), kemudian pendakian butuh waktu kurang lebih 3  jam untuk sampai ke puncak. waktu itu kami berangkat survey pagi dan tiba kembali di kota Makassar Sore sekitar pukul lima, kami diantar oleh Rexy dan Ipul (anak OC). Setelah survey kami terus beraktivitas lanjut dengan pembuatan brosur dan iklan.

Brosur Kegiatan

Dari iklan yang dibuat kami dapat 7 orang pendaftar yang fix ikut kegiatan, mereka adalah : Nisa, Rahma, Tanti, Ela, Dilla, Asra, Mama dedeh yang berasal dari kampus yang berbeda. Merekapun isi formulir dan melengkapi administrasi sesuai syarat dari panitia, setelah itu mempersiapkan alat/perlengkapan pendakian sesuai instruksi dari kami selaku penyelenggara kegiatan. Meski personil kami lumayan banyak waktu itu, namun yang siap turun lapangan cuma beberapa orang karena terkendala dengan kesibukan masing-masing, namun demikian yang lain juga  masih membantu dalam beberapa persiapan kegiatan seperti survey lokasi, penggalangan dana berupa bazar dan penjualan sticker, dan juga menghadiri rapat yang berhubungan dengan konsep acara.

Hari yang dinantikan tiba, panitia yang fix turun waktu itu cuma Tety (ketua panitia), Anri (Sekretaris) , Mol, Bunga, Chiby, Nani dan saya kami berjumlah 7 orang dan peserta berjumlah 7 orang, kumpul di sekret yang juga sekret FMI saat itu. Setelah semua siap kami berdoa bersama, lalu berangkat dengan menggunakan mobil angkot (pete-pete) yang sudah kami charter, ben dan piton (adik di MV) ikut bersama kami untuk back up dilapangan. sebagian panitia naik motor, karena berangkat sore kami tiba malam dan turun di ..... sekitar kaki gunung. Hari mulai gelap saat kami tiba, beberapa teman langsung mengeluarkan perlengkapan masak, sebagian lagi menyalakan lampu buat penerangan. Setelah makan malam kami langsung istirahat tapi saat hendak tidur terdengar suara bising diluar sana, nampak beberapa motor masuk pagar ternyata mereka adalah rombongan panitia, tety membawa satu orang teman cowok yang tak asing wajahnya, dia adalah supa (adik di MR), setelah lama bercerita saya lanjut beristirahat, mengingat besok kami masih harus beraktivitas.

Foto bersama di depan sekret

Tempat camp kami di Desa Parenreng

Pukul 09.00 kami mulai berjalan dari aula tempat kami camp ke kaki gunung Bulu Sorongan yang sudah tak jauh, karena perijinan sudah kami tembuskan ke pak Desa maka kami langsung berkumpul di kaki gunung, foto bareng (buat dokumentasi), doa bersama dan kemudian berangkat tepat pada pukul 10.00 Wita.

Latar Bulu Sorongan dibelakang kami

Berdoa bersama sebelum melakukan pendakian
Kami mulai berjalan melewati jalan setapak yang terbuka kemudian memasuki jalan dimana kanan kiri adalah area sawah penduduk, matahari lagi terik-teriknya saat itu, hinnga melewati persawahan ada tempat yang sedikit adem kami berhenti sejenak dan berteduh disana setelah itu kami mulai melewati jalan setapak yang agak lebar dan mulai menanjak, kami jalan beriringan, saya berjalan dibelakang Tety, ketupat sekaligus leader di lapangan, dibelakang saya ada mol (partner mendakiku), beberapa panitia dan peserta kemudian paling belakang ada chiby sebagai sweeper, sedang teman cowok berjalan pada jalur sebelah sambil memantau dan membiarkan kami mandiri.

Jalan beriringan pada awal start pendakian

Masih kompak jalan bersama

Sawah yang dilewati saat start pendakian
Rest sejenak

Tanjakan demi tanjakan kami lalui sampai kami tiba pada sebuah mata air yang mirip air terjun (atau mungkin sudah masuk kategori air terjun) , tempatnya cukup adem membuat kami betah disini tapi karena beberapa teman harus balik ke Makassar hari itu juga maka kami tak bisa berlama-lama, lanjut lagi berjalan hingga bukit teletubbies sorongan nampak didepan kami.

kekompakan peserta

Semuanya senang tapi karena kami tiba siang, kami harus mencari tempat-tempat adem disekitar bukit lalu beristirahat sejenak, masak kemudian makan siang, lalu lanjut pada acara lomba. Dari pusat Komunitas Perempuan Petualang Indonesia - Srikandi Nusantara mengirimi kami produk-produk dari sponsor, sebagian berupa kaos yang dipakai panitia dan lebihnya dijadikan hadiah lomba antara peserta dan panitia yang bukan cuma buat seru-seruan tapi juga buat meningkatkan semangat kami dalam memperingati Hari Kartini ini. beberapa lomba yang kami adakan yakni : lomba lari sambung matras/tim, lomba lari karung/tim dan lomba pidato/per orang (khusus peserta).

Seru-seruan panitia dan peserta

Lomba lari karung

Panitia dan Peserta

Setelah lomba sambung matras dan lomba lari karung selesai Mol, Bunga dan Nani pamit pulang karena besok senin dan mereka harus kerja, bagaimana denganku ? saya juga kerja tapi karena tanggungjawabku sebagai korwil di Hari Kartini besok maka saya harus  ijin telat masuk kantor. Tenda belum juga kami pasang saat waktu semakin sore, kami malah memilih main ke puncak sebelah dengan bekal snack dan senter. pada perjalanan ini kami harus nanjak-nanjak lagi tapi tidak lama karena puncaknya dekat, darisini pemandangan begitu indah, udara sejuk, hingga senja tiba pemandanganpun semakin indah.

Ceria bersama mereka

Sunset Bulu Sorongan

Foto bersama saat senja

Sudah hampir pukul 6 saat kami tinggalkan tempat ini dan tiba dibawah pukul 18.05 hari sudah mulai gelap dan kami segera bergerak memasang tenda masing-masing, kemudian lanjut beraktivitas yakni aktivitas masak-masak, meski sambil ngerumpi hasil masakan mereka tetap enaak. Setelah itu kami makan malam dan beristirahat karena besok masih ada agenda selanjutnya.

Tak kalah seru dengan lomba

ini nich perempuan-perempuan luar biasa
Matahari pagi mulai menampakkan sinarnya kala teman-teman sedang menikmati sarapan karena hendak muncak pagi itu, sedikit meluangkan waktu untuk mengabadikan moment pagi di bukit teletubbies sorongan, lalu semua bergegas siap-siap untuk melanjutkan perjalanan menuju puncak yang sudah tak jauh darisini. Setelah siap kami lanjut nanjak dibawak teriknya sinar matahari pagi yang kadang berganti mendung sesaat, langkah yang begitu bersemangat pada moment ini membuat kami tiba cepat di puncak.

Keceriaan di pagi hari

Sarapan Pagi kami

Perjalanan menuju puncak

Setiba di puncak kami langsung lanjut agenda berikutnya yakni moment Memperingati Hari Kartini , karena emansipasi wanita bukan hanya menjadi sebatas wacana yang menghiasi kehidupan, terbukti dengan hadirnya kami disini adalah wujud keberanian untuk keluar dari zona nyaman  dan mengeksplor hobi serta bakat yang ada pada diri masing-masing. Kamipun mengenakan kebaya di puncak tapi tidak menjadikannya simbolisme semata karena dilanjutkan dengan lomba pidato bertema "Refleksi Perempuan Masa Kini" satu persatu mereka maju menunjukkan semangat dan bakat masing-masing. Setelah itu lanjut lagi dengan lomba Make Up (dandan), masing-masing berdandan dibawah teriknya cahaya matahari pada puncak Bulu Sorongan. Meski petualang mereka juga bisa dandan, jago masak, anaknya asik, seruu, apalagi yaa..? pokoknya  mereka the best. Setelah mengenakan kebaya dan make up, Bulu Sorongan yang indah menjadi lebih indah dengan adanya kartini-kartini cantik ini.

Memperingati Hari Kartini di Puncak Sorongan

Kartini-Kartini Cantik Bulu Sorongan

Kartini cantik Bulu Sorongan

Pemenang lomba pidato

Lomba pidato memperingati hari kartini

Terimakasih buat AVTECH yang sudah sponsor kegiatan kami

Seru-seruan sejenak dibawah teriknya matahari

Setelah rangkaian kegiatan selesai dan sinar matahari semakin terik, kami segera turun kembali ke bukit teletubbies melewati jalur sebelumnya, yang pasti setelah ganti kostum, sesampai dibawah kami langsung beres-beres, makan lalu packing dan siap-siap pulang.

Perjalanan turun dari puncak

Berdoa bersama sebelum turun

Setelah berdoa bersama kamipun langsung turun, dengan hati yang sangat lega karena kegiatan telah selesai, saya meninggalkan tempat ini dan berharap kapan-kapan bisa main kesini lagi. Kami mulai menjalani hijaunya hamparan luas bukit teletubbies lalu kembali melewati jalur terbuka dan jalan setapak juga kembali melewati sawah-sawah penduduk, lalu sampailah kami di sekolah tempat kami start perjalanan kemarin, disini sudah nampak kendaraan lalu lalang.

Perjalanan Turun dari bukit teletubbies

Didepan sekolah ada warung yang menyajikan minuman dingin, kami beristirahat disana, dan saya segera urus charteran mobil angkot untuk balik ke Makassar mengingat waktu yang semakin siang dan saya harus kembali masuk kerja. Tuntas sudah perjalanan dan juga kegiatan di Bulu Sorongan, terimakasih buat semua yang sudah berpartisipasi mensukseskan kegiatan ini, terutama buat para sponsor,  Srikandi Nusantara pusat, Ben, Piton, Sikamali (Adik di MV) Supa (Adik di MR) dan Rexy (OC) dan juga kekompakan teman-teman Srikandi Nusantara Korwil Sulawesi.